Kamis, 04 April 2013

Tips and Trik UN hari ini (H-11 "introduction")

AAAAAAAA
Hikz Hikz :a:

UN, UN, UN
buat yang kelas 1 sama 2
biasanya
"Ah, nyantai UN sek bentar lagi"
tapi ....
buat kelas 3
"bentar lagi dah UN, ya ?"
Termasuk gue :e:

Dimana-mana kalo elo dah kelas 3 sma
kiri kanan lo pada pegang buku
apalagi JAMAN SEKARANG
yang katanya 20 TIPE SOAL
(tapi se sek ada kabar lain)
yang katanya pake BARCODE
yang katanya SOALNYA DITINGKATIN

Tapi bentar
UN itu SOAL kan?
SOAL itu MASALAH
dan MASALAH itu HARUS DIPECAHKAN (ya gak ? :c:)

Meskipun gue belum pernah ngerasain UN SMA
gue disini setidaknya penah ngerasain UN SMP

dan disini gue mau berbagi tips and trik ke kalian cara belajar UN
yang selama ini gue anggep efektif
terbukti lewat peningkatan temen-temen gue dan gue tentunya (hehehehehe  :c:)

Oke langsung aje yuk :d:

yang Pertama : Belajarlah Sesuai SKL Pelajaran yang di Uji-kan . Seperti kata guru gue

Guru gue : nak, soal sama SKL itu ibarat kain sama baju
Gue sama temen gue : maksudnya bu?
Guru gue :  tukang jahit itu kan harus ada kainnya baru bisa bikin baju sama seperti guru. Guru itu
kalo bikin soal ya dari SKL ini. Kalo gak ada SKL, ya mana tahu bikin soal kayak apa. Jadi belajarlah sesuai SKL. Insyaallah bisa
Gue sama temen gue : oooooo 
(dengan pengubahan seperlunya u,u)
 

ehm :e:
balik lagi ke permasalahan tadi
jadi intinya  Belajarlah Sesuai SKL karena soal yang di uji gak jauh-jauh dari SKL

yang kedua : Pelajari Karakteristik Masing-Masing Soal
tiap soal, pasti ada karakternya. ada beberapa soal UN yang bisa dikerjaiin dengan satu cara. ada juga soal UN yang harus dikerjain dengan cara khusus
khusus yang ini, gue gak bisa bantu banyak.tapi gue bakal ngasih tahu loe semua  tunggu next post ya :d:

yang ketiga : Belajarlah secara berkelompok
yang ketiga ini musti !! (harus, maksudnya :e:) 
dengan belajar kelompok lo dapet keuntungan sumber referensi lo jadi makin banyak. Sapa tau temen lo punya soal yang lo gak punya.  
Dengan belajar kelompok kita bisa lebih banyak tahu informasi-informasi atau materi pelajaran yang kita belum tahu dari temen-temen kita. 
Dan yang terakhir, kalo belajar kelompok hapalan kita makin cespleng :c:, soalnya momen-momen saat belajar ngingetin kita sama materi yang kita pelajarin. Apa lagi sama ..... :d:

yang keempat : Tulis! Tulis! Tulis! lalu Ajarkan !
" ikatlah ilmu dengan menulis " itulah yang dikatakan  Sayiddina Ali bin Abi Thalib. Saat menulis, ada dua proses yang bekerja di dalam otak (visual dan kinestetik) sehingga kita lebih cepat mengikat sebuah materi. Tapi ... itu cukup ? Masih belum !!!. Setelah mengikat materi ajarkan materi itu sehingga kita akan lebih cepat paham karena sering berdiskusi dengan orang lain. Jikalau kita salah, kita bisa mengetahui kesalahan kita lewat orang lain

Dan itulah tips-tips untuk hari ini
sekian dulu dan semangat :D
Pasti Bisa ! Bisa ! Bisa ! :D :d:

 
    




0 komentar:

Posting Komentar